Assalamua’laikum wr.wb .
apa kabar sobat? Semoga selalu sehat . kali ini saya akan menshare tentang Bahasa Pascal . mungkin sudah banyak yang tau & juga ada yang belum tau apa itu bahasa Pascal .
Bahasa pemrograman dibagi menjadi dua yaitu Bahasa tingkat rendah ( Low level language ) & bahasa tingkat tinggi ( high level language )
Contoh dari low level language :
1.Bahasa mesin
2.bahasa rakitan ( assembly )
Contoh dari high level language :
1.pascal
2.bahasa c
3.bahasa c++
4.cobol
5.portand
Dan masih banyak lagi , namun disini kita tidak akan membahas selain tentang bahasa pascal .
Pascal adalah suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) dan terstruktur yang orientasinya pada segala bidang.
Pascal pertama kali dirancang oleh "Professor Niklaus Wirth” dari Technical University di Zurich, Switzerland.
Nama Pascal diambil dari nama seorang ahli matematika dan filosofi Perancis yaitu Bapak Blaise Pascal. Pascal Termasuk jenis compiler.
Pemrograman bahasa pascal biasa digunakan untuk aplikasi perkantoran seperti penghitungan gaji karyawan dan aplikasi perkantoran lainnya
Struktur bahasa Pascal :.
A. Judul Program
adalah pernyataan dari nama program. Boleh ada boleh tidak (optional). Tata Cara Penulisan Judul (Nama Variabel, Konstanta) :
• Diawali dengan huruf
• Diikuti oleh huruf atau angka atau karakter garis bawah(_)
• Tidak boleh ada spasi, tanda baca, operator matematika.
B.Bagian Deklarasi
Adalah bagian yang mengenalkan/mendeklarasikan semua pengenal yang akan digunakan didalam program. Misalnya Unit CRT, Variabel, Constanta, dan lain-lain.
Tata cara penulisan Deklarasi :
• Diawali oleh nama jenis pengenal
• Diikuti oleh pengenal
C.Bagian Pernyataan
Adalah bagian semua perintah-perintah program yang akan dilaksanakan oleh komputer.
Tata cara penulisan Pernyataan :
• Diawali oleh BEGIN dan diakhiri oleh END dan tanda titik (.).
• Diantara pernyataan lebih dari satu harus dipisah dengan tanda titik koma (;)
BEBERAPA PERINTAH PASCAL
- Writeln
Untuk menulis/mencetak suatu data atau isi suatu variabel kelayar komputer.
- Uses Crt
Untuk mempersiapkan fasilitas pengelola layar ( untuk program turbo ( untuk program yang background layar programnya bewarna biru )
-Uses Wincrt
Untuk mempersiapkan fasilitas pengelola layar ( untuk program TPW( turbo pascal for windows ) atau background program yang layar nya bewarna putih )
- Readln
Untuk menahan tampilan hasil sampai ada penekanan tombol "ENTER"
- Clrscr
Untuk membersihkan layar
-GOTOXY
Yaitu perintah untuk meletakkan/menentukan kursor pada kolom dan baris dilayar komputer.
Bentuk umum perintah :
Gotoxy(x , y )
PENGENALAN VARIABEL, DATA DAN DEKLARASI
Variabel adalah suatu indentifier (pengenal) yang datanya dapat berubah-rubah didalam
suatu program.
Syarat penulisan Variabel :
1.Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf.
2.Panjang Variabel maksimum 63 karakter.
3.Tidak boleh menggunakan simbol-simbol khusus, spasi, tanda baca, kecuali garis
bawah.
cara Penulisan variabel pada pascal yang benar dan yang salah :
Deklarasi Variabel
Variabel harus dideklarasi (dikenalkan) sebelum digunakan didalam bagian pernyataan
program dengan cara : Ditulis pada bagian deklarasi dengan kata cadangan VAR diikuti
dengan nama variabelnya dan tipe/jenis datanya.
Data variabel diisi pada bagian pernyataan dengan operator penugasan (:=)
Contoh Deklarasi
JENIS-JENIS DATA
1. Integer
Yaitu bilangan bulat positif atau negatif yang dapat dipecah menjadi beberapa bentuk :
- Integer : nilai -32768 hingga +32767
- Shortint : nilai -128 hingga +127
- Longint : nilai -2147483648 hingga +2147483647
- Word : nilai 0 hingga 65636
- Byte : nilai 0 hingga 255
2. Real
Yaitu bilangan nyata atau pecahan, dapat dinyatakan dalam bentuk desimal maupun dalam
bentuk pangkat. Data real dibedakan lagi berdasarkan jangkauan nilainya antara lain :
real, comp, extended, single, double.
3.String
Yaitu data yang berupa deretan beberapa karakter, string selalu diawali dan diakhiri oleh
tanda petik tunggal. Beberapa buah string dapat disambungkan dengan tanda (+)
4. Char
Yaitu karakter yang memiliki kode ASCII dari 0 hingga 255 Karakter ini dapat berupa
angka, huruf atau tanda baca. Karakter dapat ditulis dengan diapit apostrof (') atau ditulis
kode ASCIInya dengan didahului tanda (+)
5. Boolean
Hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE dan FALSE
OPERATOR MATEMATIKA
Yaitu lambang memberikan arti dari suatu proses matematika
* (perkalian)
/ (pembagian)
+ (penambahan)
- (pengurangan)
Konstanta
adalah jenis pengenal (identifier) yang nilainya tidak berubah didalam program.
Konstanta harus dideklarasikan dengan kata cadangan CONST diikuti dengan nama
konstanta dan isinya yang dihubungkan dengan tanda =
Contoh Deklarasi Contansta
CONST
GRAVITASI = 9.8;
PERINTAH MASUKAN, OPERATOR, dan KONDISIONAL
1. Perintah Masukkan (Input data )
READ & READLN
READ Yaitu untuk masukkan nilai/data ke dalam variabel melalui papan ketik dan kursor
tetap pada baris input.
READLN Yaitu Untuk perintah masukan nilai/data ke dalam variabel kemudian kursor
turun pada baris berikutnya.
2. Operator
Yaitu lambang yang menjelaskan hubungan dua ekspresi.
OPERATOR LOGIKA & RELATIONAL
= (sama dengan)
< (lebih kecil)
<= (lebih kecil sama dengan)
> (lebih besar)
>= (lebih besar sama dengan)
<> (tidak sama dengan)
AND (dan)
OR (atau)
NOT (tidak)
Kondisional
Yaitu perintah untuk menentukan suatu ekspresi kondisi.
IF THEN
Yaitu pernyataan untuk kondisi.
Bentuk Umum perintah :
Keterangan :
Yaitu ekspresi yang menunjukkan suatu keadaan.
Yaitu pernyataan yang berupa tindakan apabila kondisi terpenuhi. Apabila pernyataan yang lebih dari satu maka pernyataan tersebut harus di diawali dengan BEGIN dan END;
Jika kondisi bernilai benar maka melakukan perintah yang ada pada bagian akibat.
PERINTAH PERCABANGAN (DATA SELECTOR)
CASE OF
Yaitu Perintah untuk menentukan suatu keputusan dari beberapa kondisi berdasarkan data
data (data selector)
Struktur Perintah :
CASE OF
Nilai1 : Begin
End;
Nilai2 : Begin
End;
dan seterusnya....
Keterangan :
= Yaitu variabel penampung data yang menjadi dasar keputusan.
= Yaitu nilai yang menjadi pilihan.
PERINTAH PERULANGAN
FOR .... DO
Yaitu salah satu bentuk perintah perulangan pada Pascal yang dibatasi oleh bilangan.
Struktur FOR - DO dikenal 2 bentuk yaitu :
1. FOR TO DO
Pengulangan perintah dengan sistim hitungan naik
Bentuk Umum Perintah :
FOR var:=nilai awal TO nilai akhir DO
Begin
-
-
End;
Keterangan :
= Yaitu variabel yang akan menampung nilai pembatas perulangan.
= Yaitu nilai awal dari perulangan
= Yaitu nilai akhir dari perulangan
Perulangan dilakukan mulai dari nilai variabel sama dengan nilai awal hingga nilai variabel
sama dengan nilai akhir dengan sistem menaik.
2. FOR DOWNTO DO
Yaitu Pengulangan dengan sistim hitungan turun. Bentuk perintah sama dengan For To Do,
hanya pada To diganti dengan Downto :
REPEAT UNTIL
REPEAT … UNTIL yaitu salah satu perintah perulangan yang dibatasi dengan boolean.
Bentuk umum perintah :
REPEAT
-
-
UNTIL
Keterangan :
a) Syarat dapat berupa ekspresi logika atau boolean
b) Proses perulangan akan dilakukan selama syarat bernilai salah (FALSE) dan
berhenti apabila syarat bernilai benar (TRUE)
REPEAT UNTIL BERGANDA
Yaitu suatu rangkaian perintah yang melibatkan pemakaian lebih dari satu struktur
Repeat Until, dimana terdapat perintah Repeat Until didalam suatu Repeat Until (suatu
looping atau lingkaran perintah perulangan).
PERINTAH WHILE .. DO
WHILE .. DO yaitu Perintah perulangan yang dibatasi oleh expresi boolean.
Bentuk umum perintah
WHILE DO
Begin
-
-
End
Keterangan :
- Syarat dapat berupa ekspresi logika atau boolean
- Proses perulangan akan dilakukan selama syarat bernilai benar (TRUE) dan berhenti
apabila syarat
bernilai benar (FALSE).
WHILE DO BERGANDA
Yaitu suatu rangkaian perintah yang melibatkan pemakaian lebih dari satu struktur
While Do, dimana terdapat perintah While Do di dalam suatu While Do (suatu looping atau
lingkaran perintah perulangan)
PERINTAH ARRAY / VARIABEL BERDIMENSI
Perintah Array / Variabel Berdimensi
Yaitu perintah untuk memesan lokasi memori terhadap suatu variabel yang berindex (subscript)
Bentuk Umum Perintah :
Variabel : Array [n..m] of Jenis Variabel
Keterangan :
- Variabel : Nama Variabel yang akan dipesan
- Array [n..m] : Daftar nomor index variabel dari n hingga m
- of Jenis Variabel : Jenis variabel yang dipesan
sekian dulu postingan kali ini :) semoga bermanfaat :)
2 Tanggapan untuk "pengenalan program pascal"
Sippp gan, izin share ya gan buat adek-adek tingkat ane
iya silahkan gan.. semoga bisa bermanfaat..
terimakasih gan sudah berkunjung ke blog ane.
Post a Comment